Bagaimana Ekspetasi vs Realita Nikah Muda?

















Gini ya maaf ini opini saya pribadi,tidak ada beda nya mau nikah usia muda,atau menikah di usia tua.
1.ekonomi
2.komunikasi
3.waktu
4.pengertian dan tanggung jawab
Itu hal paling mendasar saat akan menjalani hidup berumah tangga.jika ke tiga hal tersebut belum bisa di lakukan,belum sanggup di penuhi.mau sampai usia berapapun pernikahaan tetap saja kurang bahagia.saya nikah muda namun tidak merasa kehilangan masa muda.
tiap malam minggu saya rutin kopdar komunitas,ikut undangan event jika ada aniversary.minggu pagi nya istri saya yang main ke teman dekatnya.urusan anak kami adil.bagi tugas tidak memberatkan kedua belah pihak.saya engga bilang kalo rumah tangga itu pasti bahagia.rumah tangga adalah fase baru yang membuat semua nya terasa berbeda.kuncinya santai,dewasalah dalam berpikir dan mengambil keputusan.nikmati keputusan yang sudah di buat dan yang paling penting,jangan bandingkan kehidupan dulu sebelum menikah dan se sudah.percuma ga guna!
Bosan?oh tentu,itu hal manusiawi.di sinilah penting nya memulihkan keadaan,bisa dengan cara liburan bersama maupun menekuni hobi.makanya penting juga laki-laki punya hobi,selain untuk obat jenuh bisa juga buat obat anti selingkuh.hahahaha
Saya nikah di usia 21 tahun,istri 20 tahun.sebelum menikah saya menjalani hubungan dari smk,kurang lebih 5 tahunan.saya bekerja sebagai buruh pabrik manufactur otomotif selama 5 tahun lebih,alhamdulilah gaji yang saya dapat sangat besar untuk ukuran saya.selama bekerja saya tidak menyicil kendaraan,ganti kendaraan,malah ganti hp baru hanya sekali.uang yang saya dapat hampir sebagian besar saya tabung,karna saya pingin punya rumah. Saya engga ngambil kpr yang hrd perusahaan tawarkan,karna nyicilnya sampai 15 tahun.
Setelah 5 taun lebih,uang yang saya kumpul akhir nya cukup untuk bangun rumah meskipun sederhana.meskipun patungan dengan istri yang kebetulan sama kerja sebagai buruh pabrik juga,akhir nya impian punya rumah pun terwujud.
setelah 5 tahun lebih,perusahaan tempat saya kerja menawarkan pensiun dini untuk karyawan yang masa kerja lebih dari 5 tahun,setelah melakukan beberapa analisa akhirnya saya putuskan,mengambil tawaran tersebut.alhamdulilah uang yang saya dapat dari pesangon cukup untuk modal usaha yang saya impikan meskipun masih ada beberapa kekurangan.
istri saya pun sama menginjak 4 tahun bekerja kontrak kerjanya habis.akhir nya kami berdua pulang kampung,membangun usaha yang sudah jadi rencana.di sini ujian pertama lahir.usaha kami tidak langsung untung,namun masih bisa untuk hidup.
Yang awalnya saat kerja saya bisa pegang uang lebih dari 8jt tiba-tiba kaget,se bulan menjalankan usaha ternyata untung yang di dapat hanya kurang dari 3jt.namun komunikasi kita berdua tidak buruk,kami saling menguatkan tidak saling menyalahkan.rumah tangga kami di biasakan senyap semua persoalan tidak melibatkan mertua.
Hingga kami di karuniai anak di usia pernikahaan mau berjalan 2 tahun.keyakinan saya untuk bisa membahagiakan keluarga akhir nya mulai menemui titik terang,usaha yang saya bangun pelan tapi pasti terus tumbuh.hingga kini saya tetap merasa bahagia dan tidak menyesal menghilangkan masa muda untuk menikah.
malah baik nya rezeki saya terus tumbuh tentunya karna di barengi usaha,saya bisa berhenti mabuk,menkonsumsi barang haram,dan meninggalkan dunia semu lain nya.
Sedikit tips.
•kalo belum kaya,belum sanggup menyewa asisten rumah tangga,biasakan saling pengertian untuk pekerjaan rumah.saya rutin lepas subuh nyapu,ngepel.pagi nya istri saya buatkan sarapan sebelum berangkat kerja.pembagian tugas rumah itu ringan cuma ego nya yang berat. :)
•hargai semua pendapatnya,jangan merasa paling benar.terlebih jika pendapat itu untuk kebaikan bersama.
•jangan terlalu mengekang istri,jika istri ingin main bersama teman lama nya.biarkan saja toh dia bukan mau selingkuh. :D
•tanya ke istri cukup engga jatah bulanan yang di beri,jangan hanya marah-marah bilang engga bisa megang uang yang di beri.
•kasih jatah bulanan husus untuk keperluan dia,jangan egois!
•kalo ada masalah,usahakan jalin komunikasi tetap baik.belajar lah mengalah.
•liburan kalo ada uang lebih.
•jangan nuntut kesempurnaan,terima saja perlahan tapi pasti rubah pelan-pelan hal yang tidak di sukai.jangan maksa!
•jangan di biasakan nyicil barang,kalau ada yang harus di korbankan.kecuali kalo sudah mampu!
•jangan POLIGAMI!meskipun agama membolehkan porsi adil kita saya yakin berbeda dengan nabi.
Sampai tulisan ini terbit saya masih bahagia,hobi saya tidak di rampas.kebebasan saya masih ada meskipun tidak se bebas dulu.dan tentunya bersyukur atas nikmat hidup yang saya terima.
Dan yang masih saya suka,saya tetap masih bisa rock n rol.hahahahahaha





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Bengawan Solo Terkenal Sampai Jepang

Apa Rasanya Bekerja Di Laboratorium Yang Menangani Virus (Corona)?

Apa respons para raja ketika menerima surat dari Rasulullah muhammad?