Seberapa Menyeramkan Dampak Dari Virus Corona

Novel Corona atau yang biasa disebut dengan COVID-19, akhirnya pada 11 Maret kemarin nih, udah ditetapkan WHO sebagai pandemi. Pandemi yakni epidemi yang kemudian telah menyebar luas secara global.
Untuk itu, mari kita pahami dulu apa beda Pandemi, Epidemi/Endemi, ataupun Wabah:
1. Wabah.
Wabah merupakan penyakit yang kemudian menyebar secara cepat di lingkungan yang relatif kecil. RT, Desa, maupun Kota. Wuhan adalah contoh wabah.
2. Epidemi.
Adalah wabah yang terjadi dalam sekali besar dan lebih luas serta upgrade version dari wabah. Biasanya mencakup skala negara. Contoh epidemi Corona di China.

3. Pandemi.
Infeksi virus secara besar-besaran yang sudah dalam tingkatan global. Ada Black Death di abad ke-14 yang kemudian membunuh 30-60% penduduk di Eropa, kemudian kasus sebelum Corona, ada flu babi di 2009 yang membunuh ratusan ribu orang.
(ilustrasi Black Death)
(Swine Flu Death Rate Chart)
Nah, lalu sengeri apa sih dampak dari pandemi itu sendiri? Apalagi di jaman kita sekarang?
1. Hubungan Kenegaraan Yang Bisa Macet
Dengan banyaknya isolasi, larangan penerbangan maupun penutupan bandara, serta harbor closing, bakalan sulit untuk melakukan kunjungan bagi orang-orang penting untuk kemudian bertukar ide. Apalagi, Indonesia. Corona bakalan dijadiin alasan untuk para politician di negeri ini untuk semakin bermalas-malasan, rebut merebut kans buat tusuk menusuk, tuding jari sono-sini, it will be a complete chaos.
2. Ekonomi Bisa Hancur
Bayangin, Anda udah mau investasi ke China. Sebagai investor, udah siap2 tuh ngegelontorin sekian juta dollar dana. Eh, malah ada Corona. Jadi mau invest? Paling nunda dulu. Bahkan, dampaknya ke saham lho.
Contoh nih ya, bank di Eropa. Karena investor jarang ada yang mau masuk, terus mereka ngelakuin apa? Nurunin suku bunga hutang/pinjaman. Biar pada mau invest ke mereka. Kalo gak ada? Turunin lagi. Sampe saham mulai collapse.
Di Indo juga gak jauh beda. Dua hari yang lalu, pas saya ke BEI, baru 15 menit langsung IHSG berhenti. Transaction Halt. Saham pada anjlok semua karena investor banyak yang narik dana.
Belum lagi, harga masker, obat-obatan, tes Corona, dsb di Indo malah naik mampus.
Sedih gak sih?
3. Dunia Entertainment Kacau
Banyak banget film yang ditunda. A Quiet Place 2 diundur rilisnya. Fast to Furious juga. Mulan 😭. Sampai ke dunia sepakbola, semuanya juga mengalami penundaan atau enggak ya diberhentikan sampe ini kelar. Pelatihnya Arsenal bahkan dikabarkan kena Corona juga serta beberapa pemain lain.
Ini juga berdampak langsung ke mereka yang psikisnya butuh hiburan, serta ekonomi negara terkait.
4. Pariwisata Sepi.
Ya elu mau ke tempat yang rame-ramean terus ada yang bersin tanpa pake masker lalu diusap2in ke wajah elu?
-,-
5. Hubungan dan Acara Sosial Terancam Kandas.
Berita terbaru, Corona bakalan dipuncak2nya pas nanti Ramadan. Masih mau bukber sih kalo udah mereda. Cuman, kalo makin parah? Hayo, gimana? Apalagi, buat nanti yang punya acara nikahan or resepsi gede-gedean pas di Ramadan. Dampak ekonomi juga bakalan terasa banget. Warung, jajanan2, resto, tempat nongs, atau sesimpel Upnormal bisa sepi kalo emang nanti Corona memuncak.
---
Terlepas dari itu semua, mari kita berharap bahwa virus ini bakalan mereda. Buka berarti gak ada harapan kok. There is still so much smart people who loves humanity and peace out there.
Progres vaksin Corona juga udah maju banget.
So, yang terpenting tetep jaga pola kesehatan dengan tidur, makan, serta membersihkan diri secukupnya yaa.
Also, don't forget to wash your hands.
Peace out. ❤
Just correct me if i'm wrong.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Bengawan Solo Terkenal Sampai Jepang

Apa Rasanya Bekerja Di Laboratorium Yang Menangani Virus (Corona)?

Apa respons para raja ketika menerima surat dari Rasulullah muhammad?